Follow Me:

BENTUK LAYANAN BIMBINGAN DI TAMAN KANAK-KANAK




Pada dasarnya guru perlu menghimpun berbagai informasi yang berkaitan dengan perkembangan dan permasalahn anak serta faktor-faktor serta yang mungkin mempengaruhinya.langkah ini dapat di lakukan dengan menggunakan berbagai teknik  pengumpulan data yaitu observasi ,wawancara,angket,sosiometri,ctatan anekdot,pemeriksaan kesehatan,dan kunjungan rumah(home visit).
Bentuk-bentuk layanan bimbingan di taman kanak-kanak dapat dilakukan berupa layanan pengumulan data,layanan informasi,layanan konseling,layanan penempatan dan layanan tindak lanjut.beberapa layanan bimbinganyang dapat dilakukan bagi anak taman kanak-kanak yaitu:
A.                Layanan pengumpulan data
Layanan pengumpulan data adalah layanan pertama yang di lakukan guru dalam bimbingan.layanan ini di maksudkan untuk mengumpulkan data berkaitan dengan aspek kepribadian dan kehidupan anak taman kanak-kanak dan keluarga.Data yang perlu di kumpulan biasa data anak dan ornag tua atau wali.
Layanan pengumpulan data dapat di lakuka guru ketika anak belajar di taman kanak-kanak dengan berbagai teknik sebagai berikut :
1.                  Pengamatan (observasi )
Pengamtan (observasi) adalah suatu teknik yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan berbagai informasi atau data tentang perkembangan dan permaslahan anak.melalu pengamatan guru daptat mengetahui bagaiman perubahan yang terjadi pada anak dalam satu waktu tertentu.Teknik ini di lakukan hanya dengan cara mengamati dan tidak melakukan percakapan (wawancara) dengan ank yang sedang di amati.
Teknik observai memberikan kesempatan kepada guru untuk mengetahui berbagai masalah yang di hadapi anak berdasarkan tingkah laku yang di tunjukan anak.namun agar proses ini berjalan dengan lancar dan terarah maka guru mengunakan pedoman obsevasi untuk melakukanya.
Pedoman observasi adalah suatu format pernyataan yang di jadikan pegangan oleh guru selama proses peengamatan  berlangsung.Pedoman observasi yang digunakan guru di taman kanak-kanak  dapat berbentuk daftar cek (ceklist) yang bersifat terstruktur dan yang bersifat tidak terstruktur.format yang bersifat terstruktur ,pengisisanya cukup di lakukan dengan cara memberikan tanda (Ö) pad pernyataan yang menunjukan prilaku yang tampakkan anak.sedangkan format yang tidak berstruktur ,pengisianya berupa narasi atau pernyataan prilaku yang di tunjukan anak selama masa pengamatan.

Kelebihan dan kekurnagn observasi
Kelebihan observasi
a.                   Waktu yang digunakan tidak terlalau lama,karena guru cukup memberikan tanda cek atau gambar an prilaku yang tampak pada terhadap pernyataan yang telah ada pada format observasi.
b.                  Observasi memungkinakan pencattan yang serempak untuk beberpa responden ( yang diobservasi),lhususnya bila menggunakan pedoman observasi yang terstruktur.
c.                   Tidak membutuhkan biaya yang besar dan,
d.                  Teknik pengumpulan data di lakukan hanya dengan cara mengamati saja.

Kelemahan observasi
a.                  Guru hanya mengamati prilaku yang nampak poada anak kurang mendapat informasi yang  mendalam tentang permasalahan atau perkembangan yang terjadi pada anak.
b.                  Prilaku yang nampak belum tentu menggambarkan masalkah atu perkembangan  yang sebenernya  padda anak.
c.                  Apabila objek observasi mengetahui bahwa dia sedang di observasi  maka cendrung bertingkah  yang di buat-buat.
d.                 Timbulnya suatu kejadian yang hendak di obsevasi tidak selalu dapat di ramalakan sebelumnya oleh guru sebgai observer sehingga sukar untuk menemukan waktu yang tepat untuk melakukan observasi dan,
e.                  Observasi banyak tertgantung kepada faktor-faktor yang tidak dapat di kontrol ,seperti cuaca,berbagai kegiatan yang berlangsung tiba-tiba dan lain-lain.
2.                   wawancara
Wawancara adalah sebuah teknikm pengumpulan data yang dapat di lakukan guru untuk  mendapatkan perkembangan dan perasalahan anak  dengan cara meakukan percakapan secara langsung baik dengan anak maupaun degan orang tua.dengan wawancara guru dapat mengali lebih jauh kondisi objektif anak.
Teknik wawancara terbagi menjadi dua bentuk,yaitu wawancara terstruktur adalah wawancara dengan mengunakan daftar pertanyaan tertulis (kuensioner) dan jawaban sudah di sediakan yang berbentuk skala,miaslanya senang,ragu-ragu dan tidak senang.pewancara membacakan pernyataan yang ada dalam pedoaman tersebut dan menanyakan kepada responden tentang jawaban yang sesuai dengan pernyataan yang sesuai dengan skala yang tealh di siapkan.jawaban cukup di lakukan dengan cara memberikan tanda cek pada kolom yang sesuai dengan jawaban responden.sedangkan wawancara tidak tersetruktur adalah wawancara dengan menggunakan pedoaman wawancara(pokok-pokok pernyataan) dan pewancara merumuskan mengemukakan pernyataan secara lisan berdasarkan pokok-pokok yang akan di tanyakan tersebut.dengan wawancara tidak struktur guru lebih mengembangkan pernyataan secara  lebih jelas sesuai dengan pokok pernyataan sehingga dapat memperoleh jawaban yang lebih luas dan modalam.
Syarat utama dalam melaksankan teknik wawancara guru harus menciptakan rapport dengan responden.langkah –langkah yang dapat di lakukan adalah :
a.                  Menjelaskan maksud dan tujuan di adakan wawancara serta mengapa responden di pilih untuk wawancara
b.                  Mempersiapkan penampilan diri sebaik mungkinbaik sikap ,maupun cara bertanya,berpakian dan cara jawaban.
Fungsi dari probing
a.                   Membimbing resonden untuk memberiakn jawaban yang akurat atau sekurang-kuranya masuk akal
b.                  Membimbing responden agar memberikan jawaban yang komperatif
Kelebihan dan kelemahan wawancara
Kelebihan wawancara
a.                  Bersifat fleksibel,rumusan pernyataan dapat berubah.pengeetian atau isi tetap di sesuaikan dengan kondisi responden atau situasi wawancara.
b.                  Informasi yang diperloleh lebih mendalam,terutama bentuk pedoman  wawancara yang tidak terstruktur
c.                   Tingkat pengambialan jawaban dari responden tinggi
d.                  Reaksi responden dapat di amati
e.                   Urutan dan sususan pernyataan dapat di dikonstruk oleh p[ewancara
f.                   Dapat mencatata jawaban yang spontan
g.                  Dapat mengontrol lingkungan
Kelemahan wawancara
a.                   Memakan waktu yang lebih lama
b.                  Waktu wawancar sulit di batasi terutama bila berkaitan dengan informasi –informaasi lai  yang perlu penjelasan yang lebih mendalam
c.                  Pewancara hanya beradapan dengan satu oarang dan tidak dapat melaksanakannya serempak untuk beberapa orang atau anak.
d.                  Praduga / bias dari wawancara terhadap jawaban responden
e.                   Sangat tergantung kepada kesidiaan dari kedua belah pihak
f.                   Perlu penguasaan bahasa yang lebih dari pewancara atau guru sehingga orang tua atau anak di wawancara dapart memberikan berbagai informasi yang di perlukan
3.                  Angket (kuensioner )
Angket (kuensioner ) merupakan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan yang di sampaikan kepada orang tua untuk mendapatkan data secar umum tentang anak dan hal hal yang berkaitan dengan anak.dat yang di kumpulkan guru memlalui teknik angket ini dapat berkaitan dengan data tentang identitas anak,identitas orang tua,kondisis fisik dan kesehatan anak,selain  dat umum,guru juga dapat membuat angket sesuai dengan kebutuhan misalnya,kebiasan tidur ,makan dan lain-lain.Dalam menyusun angket (kuensioner ) guru perlu mengikuti beberpa petunjuk sebagai berikut :
a.                   Menggunakan kalimat sederhana tetapi jelas dan  mudah di mengerti
b.                  Tidak menggunakan kata-kata yang negatif dan menyinggung perasaan responden.
c.                   Pertanyaan tidak bersifat memaksakan responden untuk menjawab
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan :
a.                   Waktu yang di butuhkan untuk pengumpulan dat lebih singkat
b.                  Ciri pengisian lebih mudah karena instrumen (alat) pengumpulanya sudah memuat daftar isi,respon tinggal mengisisnya
c.                  Dalam waktu yang tidak terlalau lamandapat berkumpul data dalamn jumlah relatif banyak
d.                  Biaya relatif murah
Kelemahan :                      
a.                  Instrumen khususnya diarahkan pada orang tua,karena angket membutuhkan kempuan untuk menulis
b.                  Jawaban bisa saja tidak sesuai dengan kenyataan di mungkinkan responden menjawab apa yang di ingkan oleh penanya
c.                  Tidak dapat menilai ekspresi wajah ,karenateknik pengumpulan data denbgan cara menyebarkan format isian
4.                   Sosiometri
Sosiometri adalah teknik yang di gunakan un tuk mengetahui agaiman kedudukan anak dalam berhungan sosial di antara anggota kelompok.dari teknik ini guru dapat mengetahu kedudukan dari :
a.                   Anak yang populer atau yang ban yak di senangi temanya.   
b                       Anak yang terisolir atau yang tidak dipilih atau di senangi temenya
c              Anak yang berkelomok ( klik) antara 2-3 orang
Teknik pengumpulan data ini di dasarkan atas penelahan perasaan anak terhadap anak lain yang dinyatakan dengan pilihan senag atau tidak.teknik sosiometri selain dapat digunakan oleh guru untuk menelaah kedudukan seseorang anak dlam kelompoknya,dengan teknik ini guru juaga dapat:
a.                  Memperbaiki hubungan sosial di antra anak-anak  yang di bina
b.                  Meneliti masalah-masalah sosial yang di hadapi anak
c.                  Meneliti kemampuan memimpin yang di miliki anak dalam kelompok tertentu untuk suatu kegiatan tertentu
Langkah-lanhkah pengolahan adalah sebagai berikut :
·                     Mentabulasi anak dalam matrik atau tabel sosiometri
·                     Menghitung banyakanya pilihan masing masing anak dan
·                     Membuat sosigram
Kelebihan dan kelemahan
Kelebihan :
a.                  Sosiometri mudah dilakukan karena guru tinggal meminta anak didik untuk menyebutkan dengan siapa anaksenang bermain atau belajar
b.                  Pengolahan hasil pengumpulan data relatif mudah karena guru tinggal mentabulasi pilihan masing masing anak
c.                  Dalam waktu singkat dapat di proleh informasi yang diperlukan
d.                 Tidak melan biaya banyak
e.                  Tidak perlu kemampuan khusus untuk melakukan sosiometri
Kelemahan :
a.                   Informasi terkumpul hanya dari ungkapan yang di sampaiakan anak
b.                  Bersifat sangat situasioanal (tergantung dengan keadaan anak )

5.         Catatan anekdot
Catatan anekdot adalah suatu teknik pengumpulan data yang bersifat pengamatan (observasi ),karena guru selaku pengamat hanya mencatat berbagai peristiwa yanhg terjadi selama proses pembelajaran berlangsung atau ketika anak bermain di luar kelas.teknik ini tidak mengadakan komunikasi pada anak tapi hanya mencatat peristiwa yang telah terjadi
Petunjuk yang digunakan guru dalam membuat catatan anekdot adalah :
a.                  Terdiri atas kata-katayang menggambarkan situasi/peristiwa yang sebenernya
b.                  Mencatat peristiwa yang yang bersifat insidintal
c.                  Cara menggambarkanya hendaknya khusus (kejadian reaksi/tingkah laku anak,ucapan) dan bermakna
d.                 Apa yang di catat bukan bentuk interprestasi
e.                  Pencatatan bersifat runtun ,peristiwa demi peristiwa disebut secra berurutan
f.                   Penctatan segera di lakukan setelah peristiwa terjadi.
Kelebihan dan kelemahan catatan anekdot
Kelebihan catatan anekdot
a.                  Guru tidak perlu memliliki kemampuan atau latihan khusus
b.                  Pengamatan biasanya bersifat terbuka
c.                  Pengamat atau guru dapat memperoleh informasi atau kejadian yang tidak terduka sebelumnya
d.                 Guru bertugas hanya mencatat dan menemukan hal-hal penting saja
Kelemahan catatan anekdot
a.                  Sangat tergantung kepada kemampuan daya ingat pengamat
b.                  Kondisi,suasana dan mimik responden tidak tergambarkandalam catatan anekdot dapat menimbulkan interpreatsi yang keliru
c.                  Suli melakukan codingterhadap catatan anekdot
6.         pemeriksaan medis
Pemeriksaan medis merupakan salah satu upaya yang dapat di lakukan oleh guru taman kanak-kanak untuk mengetahui beberapa kelemahan yang dimimilki ansk didiknya khususnya berkaitan dengan aspek perkembangan fisiknya.
7.         kunjungan rumah (home visit)
kunjungan rumah (home visit) merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan guru untuk lebih memahami bagaiman perkembangan dan permasalahan  yang di hadapi oleh anak didik.secara lebih khusus ,melaui home visit guru dapat memperoleh informasi tentang :
a.                   Kondisi rumah tangga dan oarang tua
b.                  Fasilitas belajar dan bermain yang ada di rumah
c.                   Hubuingan antara anggota keluarga
d.                  Sikap dan kebiasaaan wajtu di rumah
e.                   Berbagai pendapat dari oprang tua dan anggota keluarga lainya tentang anak
f.                   Komitmenorang tua dan anggota keluarga lanya dalam membantu perkembangan dan mengatasi masalah  anak.
Untuk melayani home visit ,ada beberapa yang perlu di perhatikan guru,yaitu :
a.                  Guru membuat janjui terlebih dahulu dengan orang tua atau keliarga yang akan di kunjungi
b.                  Guru menyampaikan maksud dan tujuan melakukan home visit kepad oarng tua dan keluarga yang di kunjungi
c.                  Guru menyiapkan diri baik baik kemampuan berkomunikasi pernyataan –pernyataan yang di sampaikan maupun penampilan sebelum home visit
d.                 Dalam berkomunikasi pad orang tua atau keluarga didik,guru hendaknya tidak membuka komunikasi yang akan menyinggung perasaan orang lain
e.                  Dalam melakukan home visit ,guru harus mengenal waktu ,tidak terlalu lama sehingga tidak menggangu kunjungi
Kelebihan dan kelemahan home visit
Kelebihan :
a.                  Guru dapat mperoleh data atau informasi secara lebih mendalam
b.                   Tingkat pengembalian jawaban dari responden tinggi
c.                  Guru dapat mengamati mimik dan ekspresi respenden
d.                 Guru dapat melihat langsung liungkungan kehidupan sehari-hari anak
e.                  Guru dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan hubungan interaksi masing-masing anggota keluarga anak didiknya
Kelemahan home visit
a.                  Guru harus memiliki kamapuan berkomunikasi  yang baik dengan orang tua didik
b.                  Memakai waktu yang cukup lama
c.                  Responden yang terjaring hanya sedikit
d.                 Bias dari guru atau pembimbing ceendrung ada

B.                 Layanan informasi
Layanan informasi adalah bentuk layanan bimbingan yang memungkinkan anak didik dan orang tua menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan anak didik.
Infoirmasi yang dapat di berikan di berikan pada anak dan orang tua di antaranya adalah :
a.                  Kelanjutan study
b.                  Kesulitan-kesulitan belajar yang sering di alami anak di sekolahan dasar
c.                  Cara-cara belajar yang baik
d.                  Cara ertemen yang baik untuk anak
e.                  Berbagai penyakit yang sering di derita pada anak dan upaya untuk mengidentifikasinya
f.                   Makanan dan miniman yang membahayakan anak
g.                  Narkoba dan akibatnya
C .       layanan konseling
layanan konseling merupakan  suatu layanan yang di maksudkan untuk membantu kesuliatan yang di hadapi anak secara lebih itensif fatau mendalam.Bentuk layanan ini di lakukan melalui pertemuan tatap muka antara guru dan anak atau dengan orang tua.Anak taman kanak-kanak adalah sososk individu yang relatif masih muda.
Dalam melaksanakan layanan konseling,guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.                  Kondisi anak atau orang tua, apakh bersedia melaksanakan proses konseling
b.                  Menciptakan situasi yang aman dan menyengkan sehingga ada tercipta komunikasi yang wajar
c.                  Adanya tokeransi terhadap kondisi anak atau oarang tua ,guru tidak terkesan memaksakan keinginan
d.                 Terciptanya hubungan yang baik selama proses konseling berlangsung
Langkah-langkah yang di lakuakndalam suatu proses konselinhg yaitu :
a.                  Identifikasi maslah
Identifikasi maslah merupakan langkah awal dalam proses konseling
b.                  Analisis data
Langkah ini dilakukan untuk mengetahui atau mengecek seberapa jauh anak didik mengalami suatu maslah
c.                  Diagnosis
Diagnosis dilakukan untuk menemukan latar belakang munculmya masalah yang di hadapi anak didik
d.                 Prognosis
Langkah ini dilakukan untuk menetapkan bantuan yang akan di ambil guru.
e.                  Pelaksanaan bantuan
Guru melaksanakan proses bantuan sesuai dengan langkah-langkah yang di rencanakan
f.                   Penilaian dan tindak lanjut
Langkah ini di maksudkan untuk manilai seberapa jauh keberhasilan yang di lakukan guru dalam melaksanakan proses konseling
D.        Layanan penetapan
Layana peenetapan yaitu layanan bimbingan yang memeungkinkan anak didik memperoleh penempatan yang tepat sesui dengan kondisi potensinya.layanan evaluasi dan tindak lanjut di lakukan di akhir kegiatan program bimbingan yang di rencanakan dan di lakukan tindak lanjut.dengan adanya layanan ini dapat memberikan umpan balik kepada puhak taman kanak-kanak ,sehingga atas dasar umpan balik itu dapat di lakukan usaha perbaikan program bimbingan.dengan demikian layanan tindak lanjut sekaligus berfungsi sebagai alat penelian terhadap program bimbingan yang telah di laksanalkan.

Followers

pengunjung

Seputar Kampus FIP