Follow Me:

SPP UNY Batal Naik

YOGYAKARTA – Tekanan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kepada rektorat agar membatalkan rencana kenaikan SPP bagi mahasiswa baru membuahkan hasil. Rektorat berjanji tidak akan menaikkan SPP mahasiswa baru. Pada 22 Maret lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNY menggelar aksi menolak rencana kenaikan SPP bagi mahasiswa baru.

 "Kami sudah putuskan untuk SPP mahasiswa baru tidak akan naik," kata Rektor UNY Rochmat Wahab di sela-sela peresmian Gedung Lembaga Pengembangan Dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPM) UNY kemarin.

Sejak awal UNY sudah berkomitmen tidak akan menaikkan SPP. Namun karena beban operasional untuk kepentingan mahasiswa maupun kampus terus meningkat tapi biayanya tidak ada tambahan, maka ada wacana mahasiswa baru ditarik biaya operasional pendidikan (BOP) Rp300 ribu bagi mahasiswa reguler dan Rp655 untuk mahasiswa nonreguler.

 "Jadi tambahan biaya itu bukan adanya kenaikan SPP, melainkan untuk mendukung BOP," ungkapnya.

 Untuk BOP, apakah tetap akan diterapkan atau tidak bagi mahasiswa baru masih menunggu keputusan dari pusat. Pemerintah sudah menjanjikan akan membantu BOP tersebut.

 "BOP selain untuk menunjang operasional kampus, juga mendukung kegiatan mahasiswa seperti penelitian dan kegiatan akademik lainnya. Jadi, pada dasarnya BOP juga untuk kepentingan mahasiswa, bukan kampus," kata Rochmat Wahab. Selama ini untuk menunjang operasional, UNY mengandalkan pemasukan dari usaha yang dikembangkan. Di antaranya dari hotel, pendirian pusat training, gelanggang olahraga (GOR) dan kolam renang, serta pengembangan usaha lainnya.

 "Meskipun belum mencukupi, usaha itu sudah dapat membantu untuk operasional kampus," paparnya.

 Menanggapi jawaban Rochmat Wahab, Ketua BEM UNY Zamzan Adnan mengatakan sampai kemarin rektorat belum mengajak dialog mereka. "Kami tetap meminta kampus untuk transparan dalam penggunaan BOP," tandasnya. (priyo setyawan/koran si)(//rfa)

pengen secara lengkap lihat beritanya klik disini http://kampus.okezone.com/read/2012/03/28/373/600896/spp-uny-batal-naik.

Followers

pengunjung

Seputar Kampus FIP